Revertment direncanakan berfungsi menjadi bangunan
pelindung tebing terhadap pengaruh air (gelombang, arus, dan lain-lain) yang
dapat menyebabkan bahaya kelongsoran. Perencanaan revertment harus memperhatikan ketersediaan material, koefisien
gesekan, tinggi muka air, run up
gelombang, dan kemiringan revertment.
Alat navigasi pelayaran diperlukan untuk keselamatan, efisiensi, dan
kenyamanan pelayaran kapal. Alat ini dipasang pada alur masuk dan sepanjang
alur pelayaran agar kapal tidak menyimpang dari jalurnya, alat ini terdiri dari
Menara Suar, Rambu Suar, Kapal Tunda, dan Kapal Pandu.
Perhitungan luas area transit shed dihitung
berdasarkan bongkar muat barang jenis general cargo.
HCR = ATTS x ATT/365
NHVR = HCR/DOC
GHVR = 1,2 x NHVR
ASAR 1 = GHVR/ASH
ASAR 2 = 1,4
x ASAR 1
DSA = ASAR 2 x
(A+RCSF/100)
Keterangan :
HCR = Holding capacity
requires
ATTS = Annual tonnage
through store
ATT = Average
transit time
NHVR = Net holding volume
required
GHVR = Gross holding
volume required
RCSF = Reserve capacity
safety factor
ASAR 1 = Average
stacking area required
ASAR 2 = Average
storage area required
DSA = Design storage
area
DOC = Density of cargo
ASH = Average
stacking height
Perhitungan luas area warehouse
dihitung berdasarkan bongkar muat barang di mana dengan pendekatan luas gudang
tertutup adalah {Bongkar muat per tahun x prosentase penumpukan di gudang x
waktu tinggal x kebutuhan ruang x 1.25 x (1+ faktor keamanan)}/ jumlah hari
kalender per tahun x rata rata tinggi tumpukan), di mana 1,25 adalah faktor
perhitungan pada waktu sibuk.
Perbandingan luas areal warehouse
dengan transit shed adalah 1:2 dengan
skenario komposisi barang adalah sebagai berikut:
Komposisi
Barang :
|
Pendek
|
Menengah
|
Panjang
|
disimpan
di Gudang
|
54%
|
60%
|
70%
|
disimpan
di Open Storage
|
10%
|
20%
|
20%
|
langsung
dibawa
|
36%
|
20%
|
10%
|
Hasil perhitungan yang telah dilakukan disajikan pada Tabel 5.
Transit Shed
|
Ware House
|
Open Storage
|
1,400
|
3,500
|
9,200
|
700
|
1,800
|
4,600
|
2,708
|
5,740
|
7,637
|
Sumber : RIP Sintete 2014
Perhitungan luas area untuk barang curah
liquid dihitung berdasarkan bongkar muat barang jenis curah (BBM dan CPO). Untuk menghitung luas curah liquid adalah
sebagai berikut :
HCR = ATTS x ATT/365
NHVR
= HCR/DOC
GHVR = 1,2
x NHVR
ASAR
1 = GHVR/ASH
ASAR
2 = 1,4
x ASAR 1
DSA = ASAR
2 x (A+RCSF/100)
Keterangan
:
ATF = Annual
Tonnage Forecast
HCR = Holding capacity requires
ATTS
= Annual
tonnage through store
ATT
= Average
transit time
NHVR
= Net
holding volume required
GHVR
= Gross
holding volume required
RCSF
= Reserve
capacity safety factor
ASAR
1 = Average
stacking area required
ASAR
2 = Average
storage area required
DSA
= Design
storage area
DOC
= Density
of cargo
ASH
= Average
stacking height
Hasil perhitungan yang telah dilakukan
disajikan pada Tabel 6.
Storage
|
ATF
|
ATTS
|
ATT
|
DOC
|
RCSF
|
HCR
|
NHVR
|
GHVR
|
DSV
|
(ton/th)
|
(ton/th)
|
(hari)
|
(ton/m3)
|
|
(ton)
|
m3
|
m3
|
m3
|
|
2019
|
-
|
0
|
7
|
0.6
|
40
|
0
|
0
|
0
|
0
|
2024
|
236,200
|
118,100
|
7
|
0.6
|
40
|
2,505
|
4,175
|
5,010
|
7,014
|
2034
|
381,249
|
190,625
|
7
|
0.6
|
40
|
4,044
|
6,739
|
8,087
|
11,322
|
Pendekatan
s/d 100(m3)
|
Volume
Tangki
|
Jumlah
Tangki yg diperlukan
|
Keterangan
|
|
|
|
|
0
|
0
|
|
|
7,100
|
7,359
|
1
|
|
11,400
|
7,359
|
2
|
|
Parkir kendaraan di pelabuhan (berdasarkan parkir mobil yang dirancang
untuk fasilitas pelabuhan) hendaknya juga mengacu pada standar struktur dan
peralatan yang berlaku. Tempat parkir terbesar sesuai daerah pelayanan
masing-masing bangunan yaitu daerah sekitar dermaga dan daerah sekitar bangunan
fasilitas perkantoran. Ukuran dan lokasi parkir mobil hendaknya ditentukan
sehingga tidak menemui perintang untuk menggunakan fasilitas pelabuhan dengan
pertimbangan lalu-lintas yang digerakkan dan kondisi jalan di sekitarnya.
Parkir kendaraan sebaiknya tidak ditempatkan di jalan, jika kondisi
topografis atau alasan lainnya mengharuskannya, maka ukuran dan lokasi parkir
mobil harus memenuhi persyaratan berikut:
- Tidak di jalan penghubung pelabuhan dan jalan
utama;
- Tidak diletakkan di tempat yang menutupi
kendaraan ke tempat penanganan kargo atau gudang;
- Tidak diletakkan di dekat tempat penanganan
barang berbahaya, kecuali dibutuhkan karena alasan topografis atau alasan
lain;
- Lebar jalan di dalam tempat parkir dan lebar
untuk memundurkan dan membelokkan kendaraan ke tempat parkir harus
ditentukan dengan tepat sesuai tipe kendaraan yang menggunakannya, sudut
parkir, dan metode parkir.
Kebutuhan ruang area parkir untuk pelabuhan terdiri dari kebutuhan ruang
untuk area parkir kendaraan yang menyeberang serta area parkir kendaraan penjemput
dan transportasi umum.
Untuk perhitungan luas areal parkir truk untuk setiap pengembangannya dapat
lihat sebagai berikut dengan asumsi :
§ Jam menunggu maksiumum (jam) = pendek 6 jam, menengah 4 jam, panjang
3 jam
§ Jam kerja bongkar muat (jam) = pendek 8 jam, menengah 14 jam, panjang 18 jam
§ Tipe Truk yang dipergunakan :
-
Panjang
truk = 40 feet
-
Daya
muat =
11 ton
-
Truk
+ ruang gerak truk = 54 m²
§ Hari kerja =
330 hari
§ Jumlah Truk = 10 unit
Kebutuhan
Parkir Truk Cargo
Dermaga
|
Bongkar
Muat Barang
|
Jumlah
Truk Parkir
|
Luas
Lahan
|
|
per jam
(ton)
|
(m2)
|
|
Tahap 1
|
75
|
12
|
648
|
Tahap 2
|
64
|
8
|
432
|
Tahap 3
|
145
|
16
|
864
|
Kebutuhan ruang luasan perkantoran pada Pelabuhan Sintete ini dapat
dijelaskan pada tabel berikut.
Rekapitulasi
Perkantoran |
Luas Efektif
Lantai (m2) |
Kantor Pelabuhan
|
714
|
Terminal Penumpang
|
886
|
Pos Keamanan
|
90
|
Total
|
1,690
|
Rekapitulasi luasan kebutuhan fasilitas daratan yang direncanakan disajian
pada Tabel 9.
No
|
Kebutuhan Daratan
|
Satuan
|
Tahapan
|
||
2018
|
2023
|
2033
|
|||
1
|
Cargo dan Bag cargo
|
m2
|
|||
Transit Shed
|
m2
|
1,400
|
3,500
|
9,200
|
|
Ware House
|
m2
|
700
|
1,800
|
4,600
|
|
Open Storage
|
m2
|
2,708
|
5,740
|
7,637
|
|
2
|
Curah Cair
|
||||
Volume
|
m3
|
-
|
7,100
|
11,400
|
|
Tangki
|
unit
|
-
|
1
|
2
|
|
3
|
Parkir Truk Cargo
|
m2
|
648
|
432
|
864
|
4
|
Perkantoran
|
||||
Kantor Pelabuhan
|
m2
|
714
|
|||
Terminal Penumpang
|
m2
|
886
|
|||
Pos Keamanan
|
m2
|
90
|