KISI KISI IPAS
SUMATIF AKHIR SEMESTER II
KELAS IV TAHUN PELAJARAN 2023/2024
No. |
Capaian Pembelajaran |
Materi yang Diuji |
Indikator |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
No. Soal |
1. |
Mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air |
Proses terjadinya siklus air |
Menyebutkan salah satu proses pada siklus air |
L1 |
Pilihan ganda |
1 |
L1 |
Isian |
21 |
||||
Kegiatan yang menyebabkan gangguan siklus air |
Menjelaskan kegiatan yang dapat mengganggu siklus air |
L3 |
Uraian |
31 |
||
Upaya menjaga ketersediaan air |
Menjelaskan istilah dalam upaya menjaga siklus air |
L1 |
Pilihan ganda |
2 |
||
2. |
Menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah |
Tugas, peran, dan tanggung jawab warga sekolah |
Mengidentifikasi kegiatan yang merupakan tugas warga sekolah |
L2 |
Pilihan ganda |
3 |
Interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah |
Mengidentifikasi interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah |
L2 |
Isian |
22 |
||
3. |
Mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat |
Bentang alam di Indonesia |
Menyebutkan salah satu pemanfaatan dari suatu kenampakan alam |
L2 |
Pilihan ganda |
4 |
Profesi masyarakat sesuai dengan bentang alam |
Menentukan profesi yang sesuai dengan bentang alam suatu daerah |
L2 |
Pilihan ganda |
5,6 |
||
4. |
Menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya pada peta konvensional/digital |
Jenis Peta |
Mengkategorikan jenis peta berdasarkan kegunaannya |
L1 |
Pilihan ganda |
7 |
Unsur-Unsur Peta |
Mengidentifikasi suatu unsur pada peta |
L3 |
Pilihan ganda |
8 |
||
Menganalisis salah satu unsur peta |
L2 |
Isian |
23 |
|||
Membaca Peta |
Mengidentifikasi nama daerah pada sebuah peta |
L2 |
Pilihan ganda |
9 |
||
2. |
Mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, dan upaya pelestariannya |
Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Indonesia |
Menentukan sumber daya alam berdasarkan jenisnya |
L2 |
Pilihan ganda |
10 |
Menganalisis kegiatan manusia terhadap sumber daya di sekitar |
L3 |
Pilihan ganda |
11 |
|||
Keberagaman suku dan budaya |
Menentukan lagu tradisional dan daerah yang sesuai |
L2 |
Pilihan ganda |
14 |
||
Keragaman SDA di daerah tempat tinggal |
Menyebutkan cara menjaga keragaman sumber daya alam |
L2 |
Pilihan ganda |
12 |
||
Menyebutkakekayaan alam di suatu daerah |
L2 |
Isian |
26 |
|||
Upaya pelestarian budaya lokal |
Memecahkan permasalahan dalam upaya melestarikan budaya lokal |
L3 |
Pilihan ganda |
15 |
||
L3 |
Uraian |
32 |
||||
3. |
Mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah (baik tokoh maupun periodisasinya) di provinsi tempat tinggalnya serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini. |
Kearifan lokal |
Menjelaskan dampak positif suatu kearifan lokal |
L2 |
Pilihan ganda |
13 |
Menyebutkan suatu kearifan lokal |
L2 |
Isian |
24 |
|||
Peran seorang tokoh |
Menyebutkan suatu tokoh penting di Indonesia |
L2 |
Pilihan ganda |
16 |
||
Sikap menghargai tokoh daerah |
Menerapkan sikap menghargai peran seorang tokoh |
L2 |
Isian |
27 |
||
4. |
Membedakan kebutuhan dan keinginan. |
Kebutuhan manusia |
Mengklasifikasikan kebutuhan manusia berdasarkan subyek |
L2 |
Pilihan ganda |
17 |
Mengklasifikasikan kebutuhan manusia berdasarkan tingkat kepentingan |
L2 |
Isian |
28 |
|||
L3 |
Uraian |
33 |
||||
Menjelaskan perbedaan kebutuhan pada setiap manusia |
L3 |
Uraian |
34 |
|||
Kegiatan ekonomi |
Menjelaskan suatu kegiatan ekonomi |
L2 |
Isian |
29 |
||
Menerapkan kegiatan ekonomi |
L3 |
Uraian |
35 |
|||
5. |
Nilai mata uang dan manfaat uang untuk mendapatkan kebutuhan hidup sehari-hari |
Jenis-jenis uang |
Mengidentifikasi jenis uang |
L2 |
Pilihan ganda |
18 |
Fungsi uang |
Menjelaskan fungsi uang dalam kegiatan ekonomi |
L2 |
Pilihan ganda |
19 |
||
L2 |
Isian |
30 |
||||
Syarat uang |
Menjelaskan syarat uang |
L2 |
Isian singkat |
20 |